Cara Menanam Pohon Kurma Dalam Pot

Kurma yaitu semacam tanaman yang dapat menyesuaikan dengan baik di iklim kering serta bahkan juga begitu panas. Kurma sangat fleksibel serta relatif toleransi pada jenis – jenis tanah dan tanah basah. Langkah menanam kurma sesungguhnya memerlukan cuaca pada musim panas yang panjang. Dengan minimal curah hujan serta rendahnya tingkat kelembapan. Ini begitu dibutuhkan dari masa penyerbukan sampai pada saat pemanenan, cuma saja tetaplah memerlukan cukup air didalam tanah supaya pohon kurma dapat lakukan pembuahan.

Habitat kurma yaitu daerah di timur tengah yang mempunyai cuaca berlebihan serta sudah pasti iklimnya begitu panas. Karna habitat kurma yaitu padang pasir yang tandus, jadi beberapa orang juga akan berpikir kalau kurma tidak dapat ditanam di daerah beda yang mempunyai iklim yang berlainan. Namun kenyataannya, kurma sudah bisa ditumbuhkan di beberapa negara seperti Thailand serta bahkan juga di Indonesia. Sebagian petani di sana bahkan juga mempunyai pohon – pohon kurma dengan buah yang banyak.

Pohon kurma sendiri yaitu pohon yang termasuk dalam type palem – paleman. Phoenix dactylifera yaitu nama beda dari pohon kurma itu. Budidaya pohon kurma bisa dikerjakan lewat cara generatif. Ini yaitu langkah yang memakai kecambah dari biji kurma. Karna tiap-tiap biji kurma begitu punya potensi untuk tumbuh jadi satu pohon yang subur. Seandainya anda mengerti serta ketahui dengan benar langkahnya, menanam pohon kurma dirumah tidaklah hal yang tidak mungkin sekali lagi, dapat anda lihat Jual Bibit Tanaman.

Langkah Menanam Pohon Kurma

Pada umumnya, untuk menanam pohon kurma Anda memerlukan sekurang-kurangnya 5 bagian, yakni persiapan biji kurma, sistem pembersihan biji kurma, perendaman, pengecambahan, serta perpindahan bibit yang telah berkecambah. Lebih detilnya juga akan dibicarakan dalam penjelasan tersebut.

1. Persiapan Biji Kurma
Kurma bisa ditanam dengan memakai biji yang ada didalam buahnya. Biji kurma bisa Anda dapatkan dari sisa menelan kurma atau beli bibit unggul yang di jual di market. Butuh Anda kenali juga, untuk kurma sendiri ada banyak type varian yang termasuk juga bibit unggul serta bernilai jual tinggi, seperti kurma Ajwa (kurma nabi), Zahidi, Khalas, Khenaizi, Khadrawi, Medjool, serta Deglet Nour. Diluar itu, sebagian type kurma yang umum dikonsumsi di Indonesia diantaranya kurma Sekki, Barhi, Silaj, serta Sokari.

Semasing type kurma mempunyai tampilan fisik yang berlainan. Umpamanya saja, untuk kurma Ajwa, warnanya relatif hitam gelap, dengan struktur lembut yang tidaklah terlalu manis serta rasa-rasanya serupa dengan kismis. Kurma ajwa ini banyak tumbuh di Madinah serta diberi nama kurma nabi karna konon adalah type kurma yang seringkali dikonsumsi Nabi Muhammad SAW.

Berlainan perihal dengan kurma Medjool/Majol yang mempunyai bentuk lebih lonjong dari kurma ajwa, berwarna kecokelatan serta rasa-rasanya begitu manis dengan struktur yang kenyal. Beda sekali lagi perihal dengan kurma Deglet Noor yang namanya di ambil dari bhs Arab yang berarti mirip cahaya matahari, karna memanglah warna kurma ini kuning cerah sampai cokelat muda, lebih cerah dibanding warna kurma Medjool atau kurma Ajwa, dengan rasa yang manis serta struktur yang tidaklah terlalu kenyal serta tidak juga sangat keras.

Sediakan biji kurma dalam jumlah banyak. Bila Anda beli sekotak kurma untuk dikonsumsi, pakai saja semua bijinya jadi calon bibit pohon kurma. Ingat, makin banyak biji yang Anda tanam, makin besar peluang tumbuhnya pohon kurma betina yang rajin berbuah.

2. Pembersihan Biji dari Sisa Daging Kurma
Anda yang seringkali menelan kurma tentu telah hafal kalau biji kurma umumnya juga akan memiliki kandungan sedikit sisa-sisa daging kurma. Bila Anda peroleh biji kurma dari sisa menelan kurma, jadi terlebih dulu biji kurma mesti dibikin bersih hingga bebas dari daging kurma.

Biji kurma yang bersih juga akan tingkatkan peluang berkecambahnya biji lebih tinggi. Diluar itu, pembersihan biji kurma juga ditujukan untuk hindari binatang seperti semut atau kutu putih untuk singgah di permukaan biji kurma yang selanjutnya bisa buat biji rusak sebelumnya dikritikbahkan karna tumbuhnya jamur.

Untuk bersihkan biji kurma, Anda bisa memakai air yang digabungkan dengan pasir halus, lalu menggosok-gosok biji kurma didalam rendaman air memakai pasir halus. Kemudian, pisahkan biji yang telah kering di satu wadah untuk bagian setelah itu.

3. Sistem Perendaman Biji Kurma
Perendaman dikerjakan untuk buat biji kurma lebih cepat berkecambah. Untuk sistem perendaman, diperlukan saat sekitaran 5 hari untuk memperoleh biji yang lebih gampang berkecambah. Perendaman dikerjakan memakai air mineral (tambah baik memakai air mineral dalam paket) serta tiap-tiap 24 jam, air ditukar dengan yang baru.

Jumlah air tidaklah perlu sangat banyak, yang terutama biji kurma bisa terendam semuanya. Bila telah tiba pada hari ke-4 perendaman, berikan larutan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) untuk buat biji lebih gampang sekali lagi berkecambah.

4. Pengecambahan Biji Kurma
Pegecambahan dikerjakan dengan media berbentuk kombinasi cocopeat serta pasir, atau dapat pula Anda mengecambahkan biji dengan memakai tisu basah yang disimpan ditempat gelap. Tempatkan biji kurma dengan jarak antar biji sekitaran 5 cm ke media pengecambahan.

Anda mesti menanti sekitaran 2-4 minggu sampai biji kurma pada akhirnya sukses berkecambah serta tumbuh dengan tinggi sekitaran 5-10 cm. Umumnya juga akan keluar satu helai daun di masa awal perkecambahan. Saat telah menjangkau tinggi 10 cm, baru bibit kurma bisa dipindahkan kedalam polibag untuk ditumbuhkan sendiri-sendiri.

5. Perpindahan Bibit yang Telah Berkecambah
Setelah itu, saat sukses dikritikbahkan, dengan hati-hati pindahkanlah bibit kurma kedalam polibag atau pot yang sudah diisikan dengan media tanam. Media tanam paling baik untuk pohon kurma yaitu kombinasi pada pasir, kompos, serta arang sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Cermati kalau pasir jadi media yang menguasai untuk pohon kurma, ikuti habitatnya yang memanglah dari tanah padang pasir. Kompos serta arang sekam ditambahkan hingga media tanam mempunyai prositas yang baik.

Makin besar pohon palem, makin Anda mesti mengubahkannya ke polibag yang semakin besar, atau bahkan juga mesti mengubahkannya ke tanah terbuka bila telah tak akan pas untuk ukuran polibag. Senantiasa cermati keperluan unsur hara pohon kurma yang diperoleh dari kompos jadi media tanam. Pohon kurma memanglah tidaklah perlu seringkali disiram, namun keperluan nutrisinya butuh senantiasa dijaga supaya dapat tumbuh sampai berbuah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *